Monday 6 July 2020

Kegiatan KKN Selama Pandemi Covid-19 oleh Mahasiswa UNS di Ds.Pandantoyo, Kec.Kertosono


    Program “KKN UNS Tanggap Wabah COVID-19” merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UNS dalam rangka pengabdian terhadap masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat merupakan implementasi dari ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada suatu masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi (DRPMI Unpad). Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi penyaluran tekad mahasiswa dalam turut andil mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kini pandemi Covid-19 menjadi permasalahan kemanusiaan yang mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia. Mahasiswa berupaya menciptakan masyarakat yang aktif dan mandiri guna mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera.
    Desa Pandantoyo RT 001 RW 004 menjadi sasaran pelaksanaan pengabdian masyarakat untuk mendorong terjaganya kondisi masyarakat yang aman agar terhindar dari penyebaran mata rantai virus Covid-19. KKN UNS ini dilaksanakan oleh mahasiswa bernama Rega Perdhana Abioga Yulianto (NIM H0817083 , Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Prof. Dr.Ir.Bambang Pujiasmanto,M.S. (NIP. 195602251986011001). KKN dengan judul program “Pendampingan Masyarakat tentang PHBS guna Memutus Rantai Penyebaran Covid-19 di Desa Pandantoyo RT 001 RW 004, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk “ ini dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Mei 2020 hingga tanggal 30 Juni 2020. Program kegiatan dilaksanakan secara langsung dan daring sesuai dengan anjuran pemerintah untuk tetap stay at home dan physical distancing. Physical distancing merupakan salah satu langkah pembatasan fisik yang dapat disarankan untuk pencegahan penyebaran mata rantai virus Covid-19 (alodokter.com).
    Program kerja dilakukan antara lain  membagikan informasi mengenai Covid-19, cara pencegahan Covid-19, membagikan informasi mengenai perkembangan jumlah kasus  Covid-19 yang ada di Kabupaten Nganjuk melalui WhatsApp Group dan akun media sosial Instagram. Kegiatan selanjutnya adalah mengajarkan pemuda Karang Taruna untuk ikut serta dalam penanaman sayur organik guna mengantisipasi kekurangan bahan makanan di masa pandemi ini. Program selanjutnya yakni membuat masker kain, face shield, dan handsanitazer secara mandiri. Dan program terakhir adalah membuat tempat cuci sederhana menggunakan ember dan kran. Pemuda Karang Taruna RT 001 juga melakukan kegiatan sosial yakni membagikan masker dan handsanitazer dan sembako gratis kepada masyarakat Kecamatan Kertosono yang membutuhkan.

Title: Kegiatan KKN Selama Pandemi Covid-19 oleh Mahasiswa UNS di Ds.Pandantoyo, Kec.Kertosono; Written by Raditya; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment